Fashion ke Musik, Laris di Iklan
Korea tak berhenti menelurkan girlband baru. Bagaimana tidak, dalam setahun belakangan ini, banyak sekali bermunculan girl dan boyband baru. Tentu saja dengan sejumlah wajah baru yang siap menghibur dunia entertainment.
Salah satu yang bersinar pada awal kemunculannya adalah Sistar. Grup yang memulai karir pada awal 2010 itu terlihat sangat siap untuk memberikan warna baru dalam dunia musik Korea. Seperti kebanyakan grup lainnya, Sistar juga terdiri atas sekumpulan gadis berumur 17 hingga 20 tahun.
Girlband ini beranggota empat gadis yang bernama Hyorin, Bora, Soyou, dan DaSom. Meskipun tergolong masih remaja, kemampuan gadis-gadis itu tidak boleh disepelekan. Genre musik yang diangkat grup ini pun adalah jenis yang sedang in saat ini, yaitu hip hop dance.
Sebelum merilis album pertamanya, Sistar dikenal lewat model untuk sebuah produk fashion. Pakaian yang mereka pakai waktu itu pun sangat cocok dengan kepribadian Sistar, hip hop.
Meskipun banyak pihak yang menilai bahwa girl group ini meniru 2NE1, pihak manajemen Sistar membantah hal itu. "Sistar adalah girl group dengan gaya bermusik yang dipadu dengan kemampuan dance dan fashion yang sangat khas," tutur Starship Entertainment, perusahaan yang menaungi Sistar.
Bahkan, salah satu media lokal juga mengeluarkan pernyataan yang membandingkan Sistar dengan 2NE1. "Gaya bermusik, tarian, dan penampilan mereka terlihat mirip," terang media tersebut.
Mendapat banyak hambatan pada awal karir tidak membuat Sistar gentar. Akhirnya, awal Juni lalu, Sistar berhasil merilis album pertamanya dengan debut single berjudul Push Push.
Debut Sistar itu mendapat respons positif. Setelah meluncurkan single pertamanya, salah satu perusahaan ponsel ternama tertarik untuk menggunakan girlband tersebut sebagai salah satu brand ambassador-nya.
Perusahaan yang akan merilis portable media player terbaru itu bakal memasang Jang Geun-suk sebagai brand ambassador utama. Untuk mendampingi peran Geun-suk sebagai duta produk, dipilihlah Sistar sebagai pendampingnya.
Perusahaan besar tersebut memilih Sistar bukan tanpa alasan. Mereka melihat adanya potensi dalam diri Sistar. Semangat dalam bermusik dan selera mereka dalam dunia fashion menjadi hal yang melatarbelakangi Samsung.
"Kami melihat potensi yang sangat besar dalam Sistar. Sebelum mengesahkan Sistar sebagai brand ambassador kami, kami telah memberinya banyak pertanyaan yang berkaitan dengan fashion, games, dan info produk kami. Dan hasilnya, Sistar memang cocok menjadi duta produk baru kami," papar salah satu branding official Samsung.